ERANASIONAL.COM – Bagi pemula pengendara sepeda motor jika ingin membeli helm sepeda motor, ada beberapa saran dan tips agar tidak salah memilih.

Untuk diketahui, helm motor pada umumnya memiliki dua model, yakni full face atau yang menutupi seluruh wajah, dan open face atau helm dengan bagian wajah terbuka.

Creative Manager Epic Veil Helmet, Kris menjelaskan pengendara pemula sebaiknya memilih model open face.

Menurut dia, helm ini punya beberapa keunggulan dibandingkan jenis lainnya.

Setidaknya ada tiga keunggulan dari helm open face jika dibandingkan dengan full face, yakni bobotnya lebih ringan, ukurannya sesuai, dan harganya cenderung lebih murah.

“Paling cocok buat pemula yang modelnya open face. Selain kokoh, bobotnya lebih enteng, jadi enggan begitu mengganggu,” ujarnya.

Alasan lainnya adalah segi penguncian, di mana helm open face pada umumnya menggunakan pengunci model Microlock yang sangat mudah digunakan. Dibandingkan dengan helm full face, penguncinya jenis double D ring.

“Model Microlock hanya cuku disambung dan dikencangkan saja, beda dengan double D ring yang pemasangannya agak rumut,” jelas Kris.

Terakhir, dia menganjurkan konsumen untuk memastikan helm yang dibeli sudah memiliki standar minimal SNI, supaya keamanan dan kekuatannya terjamin.

Dia juga mengimbau semua pengendara untuk kritis soal harga helm. Menurut Kris, konsumen jangan membeli helm yang terlalu murah.

Kata Kris, keselamatan bagian kepala adalah faktor utama yang tidak boleh disepelekan.

“Harga memang relatif. Tapi kalau terlalu murah, apa melindungi keselamatan kita, khususnya di daerah kepala. Sebaiknya pilih harga yang wajar, enggak kemahalan, tapi juga enggak murahan,” pungkas Kris. (*)